Manajemen Fasilitas Peralatan Rumah Sakit

Manajemen Fasilitas Peralatan Rumah Sakit

Manajemen fasilitas rumah sakit sangat penting untuk dikelola karena dari manajemen fasilitas rumah sakit yang baik maka operasional rumah sakit akan tetap berjalan dengan baik pula.  Walaupun bisa dikatakan tidak berhubungan langsung dengan pasien Jangan pernah meremehkan manajemen fasilitas rumah sakit. Pengelolaan fasilitas yang tidak baik dan terkesan seadanya akan semakin menambah beban cost secara keseluruhan operasional rumah sakit. Bahkan akibat fasilitas rumah sakit yang tidak berjalan dengan baik bisa berakibat tuntutan dari pemakai jasa rumah sakit.

 

Sarana Prasarana Rumah Sakit

Pentingnya sarana, prasarana dan peralatan rumah sakit maka perlu ada manajemen pemeliharaan dan pengelolaan yang dapat memaksimalkan performance dari fasilitas itu sendiri. Oleh karena itu perlu dibuat suatu program pemeliharaan yang memiliki sasaran bahwa semua fasilitas rumah sakit mulai dari peralatan medis, peralatan non medis, prasarana rumah sakit serta bangunan fisik dan lingkungan mendapat perhatian untuk dapat dijaga, dipelihara dan dipantau kinerja dan keakuratannya sehingga dapat mendukung pelayanan kesehatan yang berkesinambungan.

Dengan adanya manajemen pemeliharaan maka akan teralokasinya biaya penyelenggaraan pemeliharaan secara berkesinambungan atas semua fasilitas yang telah ada. Program pemeliharaan fasilitas juga menciptakan pemeliharaan yang merata dan terprogram sehingga tidak ada fasilitas yang terbengkalai akibat tidak tersentuh pemeliharaan.

Tujuan dari pemeliharaan kuratif ini untuk memulihkan kinerja dari fasilitas yang mengalami penurunan degradasi atau kerusakan sehingga layak pakai & aman.

Kegiatan kalibrasi alat kesehatan juga perlu selalu dilakukan baik itu terjadwal maupun kalibrasi tidak terjadwal. Kalibrasi ini berupa pengukuran atau peneraan fasilitas dengan standar baku bersatuan ukuran. Tujuan dari kalibrasi ini agar fasilitas yang menggunakan satuan ukuran tetap dalam kondisi yang normal dan terjamin akurasinya.

 

Sumber  : http://inacbg.blogspot.co.id/2016/11/manajemen-fasilitas-peralatan-rumah.html