Dampak Hybrid Working Bagi HRD

Seiring dimulainya pemberlakuan new normal yang memungkinkan para karyawan untuk kembali bekerja di kantor, muncul berbagai metode bekerja yang baru sebagai solusi di masa pandemic yang tengah terjadi saat ini. Salah satunya adalah metode hybrid working. 

Hybrid working merupakan metode kerja jarak jauh yang memungkinkan para karyawan untuk bekerja di berbagai tempat atau lokasi yang berbeda, jadi para karyawan diberikan pilihan untuk bekerja di rumah, kantor, ruang public, atau dimana pun mereka berada sebagai salah satu usaha untuk mencegah penyebaran virus di masa pandemic. Dalam penerapan hybrid working ini, telah memungkinkan para karyawan untuk bekerja dengan lebih fleksibel, karena banyak perusahaan yang memungkinkan sebagian karyawan bekerja langsung di kantor, atau rumah, lalu ada juga perusahaan yang menyerahkan pilihan tersebut sepenuhnya kepada karyawan. 

Penerapan metode hybrid working tentunya dapat membantu para karyawan dalam bekerja tetapi disisi lain hal ini dapat menyulitkan HR dalam melakukan berbagai pekerjaan mereka, seperti absensi karyawan. Karena terdapat karyawan yang bekerja di kantor maupun di luar kantor, HRD kesulitan untuk memastikan apakah karyawan benar-benar hadir dan melakukan pekerjaannya meskipun tidak bekerja di kantor, maka dari itulah sistem absensi tidak dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti sebelum terjadinya pandemic. 

Selain itu, metode untuk pengajuan cuti, lembur, penggajian, dan lain-lain harus berubah seiring dengan diberlakukannya hybrid working. Tidak hanya itu, bahkan untuk proses penerimaan karyawan baru tidak lagi menggunakan dokumen berbentuk fisik melainkan berbentuk soft file dan dikirim melalui email ke perusahaan. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan baru bagi HR dalam melakukan tugasnya saat penerapan metode hybrid working. Belum lagi dimasa pandemic saat ini, HR harus memperhatikan kesehatan para karyawan untuk mengawasi keadaan mereka dan apakah mereka melakukan pekerjaan dengan baik. 

Tapi sekarang HR tidak perlu khawatir, karena sudah tersedia aplikasi yang dapat membantu pekerjaan HR terutama saat diberlakukan hybrid working oleh perusahaan dimana mereka bekerja, yaitu dengan aplikasi DOOR. DOOR dapat membantu HR dalam merekap absensi seluruh karyawan yang sedang bekerja di kantor maupun di rumah, lalu memudahkan proses pengajuan cuti, lembur, dan penggajian karyawan sehingga pekerjaan HR lebih mudah dengan DOOR. 

 

Penulis: Azkia Salsabilla 

 

Sumber:

https://www.kompasiana.com/startmeup/60bd7e82d541df1f2f3fa982/hybrid-work-hrd-pun-harus-berubah  

https://blog.skillacademy.com/hybrid-working-adalah  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

Daftar Demo Gratis Sekarang !

Silahkan mengisi form berikut untuk mendapatkan demo gratis DOOR HRMIS sekarang juga.

Kami akan segera menghubungi anda kembali.

× Butuh Bantuan?